Friday, March 5, 2010

Yang ingin sukses harus siap gagal dulu...

oke, mungkin gw udah menyebutkan satu kata yg dibenci setiap orang di dunia ini.. FAIL alias GAGAL..

sekalinya kita menemui atau mengalami yg namanya kegagalan, seakan2 dunia kita yg tenang2 aja langsung hancur berantakan.. masa depan yg awalnya terlihat terang jadi gelap gulita.. mood yg tadinya adem ayem langsung berubah jadi kayak singa ditimpuk batu.. Yaa, seperti itulah kira-kira… mungkin terkesan berlebihan (lebay), tapi kalo kita semua mau jujur, emang gitu kan rasanya?

jujur aja, hidup gw juga bukannya mulus-mulus aja.. gw udah ngerti banget sama apa yg dinamakan sebuah kegagalan.. dan bener kata orang2, kita akan ngertiin suatu hal kalau kita udah pernah mengalaminya sendiri..

orang2 optimis bilang kalau itu bukan kegagalan, tapi hanya jalan memutar menuju sukses.. what’s the differences? intinya kan kita ga dapet apa yg kita usahakan, apa yg kita perjuangkan.. jadi intinya ya lu gagal..mau dibagus2in kayak apa juga kata2nya..

tapi, let’s think about it clearly..

sometimes, apa yg kita usahakan dan yg kita perjuangkan sebenernya ga cocok untuk kita..meskipun menurut kita (dan orang2) itu adalah indikator suksesnya seseorang.. dan emang susah untuk mengikhlaskan (yep, we need power of ikhlas) semua itu…



gw bersyukur banget karena gw termasuk orang yang sadar banget kalau ALLAH itu sayang sama kita, salah satunya dengan ngasih kita jalan yg beda2 di hidup ini..jalan yg tentunya baik buat kita dan berakhir pada apa yg baik juga.. dan gw bener2 yakin, apa yg direncanakan ALLAH itu selalu indah.. Inilah salah satu hikmah dari yg namanya kegagalan, bikin kita gak lupa untuk bersyukur..karena kebanyakan manusia lebih mempan kalau diingatkan sama Tuhannya dengan cara yg ‘gak enak’..

sekarang gw ambil satu contoh, kegagalan di hidup gw, 1 Agustus 2008, saat gw dipastikan gak lolos SNMPTN (nama lain SPMB).. perasaan gw saat itu? jangan ditanya.. nangis aja ga bisa… gw udah terlalu yakin kalo Tuhan itu sayang sama gw, sampe2 gw ga bisa protes kenapa bgini kenapa bgitu.. tapi ya ga bisa dipungkiri, gw ngerasain banget..mood gw jadi berantakan, gw bingung nentuin bakal ngapain gw setelah itu, dan bakal kayak apa hidup gw selanjutnya.. Bahkan gw sempet mikir “kenapa gw ga nerima MIPA-ITB aja waktu itu?”.. dan gw juga menyalahkan diri sendiri sih..karena..yahh..mungkin kurang usaha….

tapi setelah itu gw mikir lagi, apa cuma karena bginian hidup stop sampe disini? apa cuma karena bginian masa depan gw jadi suram (madesu!hahaha)? apa cuma karena ini nyokap gw ga bisa bangga sama gw? enggak kan? lagian juga yah, yg gagal bukan cuma gw..yg ga keterima ITB juga bukan cuma gw.. jadi gw bikin 1 kalimat yg bikin gw mau bangkit lagi : “kecewa iya, tapi gw ga NYESEL”.

selain contoh ini, pasti kalian juga udah banyak nemuin cerita2 soal ‘kegagalan’ yg dialami tokoh2 terkenal dunia, kayak Thomas Alva Edison, Walt Disney, Hans Christian Andersen, dll… dan sebelum sukses mereka ngerasain gagal juga.. jadi intinya yaa, sukses itu gak klop tanpa gagal dulu (hahahahaha.quote yg aneh)

sekarang, ayo liat kehidupan gw beberapa bulan setelah itu…

terlalu banyak yg bisa gw syukuri.. temen-temen SMA yg ngedukung gw dimanapun gw, temen-temen seangkatan yg unexplained (luv ya all, guys ^^), senior2 dan dosen2 yg ngajarin gw banyak hal, ilmu2 baru yg bener2 bikin gw ga nyesel masuk jurusan ini, and soooo many things……..

gw ga nyesel nolak MIPA-ITB dan ditolak STAN karena sepertinya otak gw memang diciptakan untuk belajar seni dan teknik..

gw ga nyesel masuk Arsitektur Gunadarma karena gw udah belajar untuk bisa mngerti banyak hal disini, gw bisa kenal sama semua orang2 ini, khususnya ‘orang2 gila’ ini, dan gw juga yakin, i’m being here, is on purpose..

so, I ask myself, what am I regret for?

*buat orang2 yg sedang atau pernah ketemu sama yg namanya kegagalan, sadari kalau kalian emang gagal, sadari kalau banyak yg bisa kalian pelajari dari kegagalan itu, jangan kalah cuma sama yg namanya gagal, sadari kalau Tuhan udah terlalu sayang sama kita, sadari kalau suatu saat nanti kita bisa SUKSES, dan kadang apa yg dinamakan sukses sering gak kita sadari..so, keep movin’!

.maap bukan saya sok tau.cuma menumpahkan apa yg ada di otak…hahahahaha.


from one of my post on my-another-blog, posted on June 12, 2009 at 2:08 pm

1 comment:

Dullah Arch said...

MADJOE DJAJA INDONESIAKOE.......

MERDEKA ATAOE MATI

JANGAN SAMPAI TERPETJAH BELAH....