Thursday, December 1, 2011

Kritik Arsitektur dengan Metode Deskriptif - ArtScience Museum

-untuk memenuhi salah satu tugas Kritik Arsitektur-


Project : ArtScience Museum
Architects : Safdie Architects - Moshe Safdie
Location : Singapore
Project year : 2011

ArtScience Museum merupakan salah satu bangunan di Marina Bay Sands, sebuah kawasan terpadu di Singapura, dibuka pada tanggal 17 Februari 2011 oleh Perdana Singapura Lee Hsien Loong. Museum ini merupakan museum seni-sains pertama di dunia.

Bangunan ini terinspirasi dari bentukan bunga teratai, merupakan karya arsitek Moshe Safdie.

Disebut sebagai "The Welcoming Hand of Singapore" oleh kepala Las Vegas Sands, Sheldon Adelson, ArtScience Museum ditopang oleh dasar yang berbentuk lingkaran di tengah, dengan 10 pilar yang disebut "fingers" (jari). Konsep desain untuk setiap jari menunjukkan berbagai ruang-ruang galeri skylight di "ujung jari" yang menjadi pencahayaan yang berkelanjutan untuk dinding interior melengkung yang dramatis.

ArtScience Museum memiliki 21 ruang galeri dengan total area 6.000 meter persegi.

Air hujan dibuat dan disalurkan di tengah-tengah bangunan, yang mengalir melalui atap berbentuk mangkuk ke dalam kolam yang mereflesikan bangunan pada tingkat terendah dari bangunan. Air hujan kemudian didaur ulang untuk digunakan di toilet gedung.

Selain bangunan ini dimaksudkan untuk mendatangkan banyak pengunjung dan wisatawan asing, tetapi juga untuk membuat Singapura menjadi bagian yang diandalkan dalam dunia seni dan sains. Dengan desain yang unik dan fungsi bangunan sebagai museum untuk seni sekaligus sains, nampaknya tujuan tersebut akan dapat tercapai.


Source:

Wikipedia

Kaskus

No comments: